Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Kontraktor Menangis Saat Harga Besi Naik

Kontraktor Menangis Saat Harga Besi Naik - Para kontraktor sekarang sepatutnya sebisa mungkin memanfaatkan biaya anggaran pembangunan proyek sesuai kontrak yang sudah disepakati. Karena, harga material besi mengalami kenaikan sampai 50 persen.

Direktur CV Utama Karya Kusmanto mengatakan, harga besi yang semula Rp 6 ribu per kilogram pada Mei lalu terus merangkak naik. Sedikitnya dalam waktu kurang dari 4 bulan telah terjadi enam kali kenaikan. Harga besi beton ketika ini sudah mencapai Rp 9.150 per kilogram, atau naik sekitar 50 persen dibanding Mei lalu.

Kenaikan diperkirakan terus terjadi. Diakui cukup merepotkan, sebab kenaikannya lumayan besar. Apalagi besi beton sebagai material utama. Terakhir Kusmanto membeli besi beton masih seharga Rp 7.700 dan Rp 8.300 per kilogram.

Sedangkan untuk pembangunan dua jembatan di ruas Jalan Desa Burikan, Kecamatan Kota - Desa Bacin, Kecamatan Bae, serta jembatan di ruas Jalan Kaluwungu, Kecamatan Kaliwungu - Getasrabi Kecamatan Gebog, masih butuh sekitar dua ton besi. ”Ketika ini harganya telah mencapai Rp 9.150 perkilogram. Tapi untuk material lain harganya relatif. Nggak ada persoalan,” katanya.

Menurutnya, besi adalah salah satu material penting dan menyedot banyak anggaran. Malahan untuk pembangunan jalan beton. Sebanyak 50 persen tarif anggaran dialokasikan untuk besi beton. Sedang 50 persen lainnya untuk cor beton dan energi kerja. harga alderon

Risiko melambungnya harga besi beton diperkirakan akan berpengaruh pada proses kesibukan yang dibiayai APBD perubahan. Sekiranya tak ada kebijakan dinas untuk menaikkan HPS, karenanya akan memberatkan rekanan.

Kontraktor Menangis Saat Harga Besi Naik


Hal senada juga diucapkan Komisaris PT Mega Karya Jaya, Ahmad Fatoni. Dia menyampaikan, banyak rekanan menjerit dampak kenaikan besi beton yang mencapai lebih 50 persen, dari Rp 6.000 pada Mei lalu kini telah di atas Rp 9.000 per kilogram. ”Galagar baja (IWF) naik lebih dari 30 persen, dari sebelumnya Rp 8.000, kini telah mencapai Rp 11 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Ketika ini menjalankan proyek Pembangunan Pasar Hewan di kawanan jalan lingkar tenggara, masuk Desa Gulang Mejobo dengan nilai sekitar Rp 15 miliar. Proyek dimulai permulaan Agustus lalu semestinya rampung akhir Desember. Padahal material besi beton dan Gelagar baja naik, pihaknya tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. Itu risiko pekerjaan.

Ia mengaku, tidak lagi berhitung apakah nanti masih mendapatkan keuntungan. Yang penting proyek jadi sesuai perjanjian kontrak. Untuk menjaga kredibilitas, sebab seandainya tidak dilakukan berisiko di-blacklist. ”Kenaikan material tak dapat kami hindari. Kami tetap konsentrasi pekerjaan, meski kenaikan material bangunan berisiko menyebabkan kerugian,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Awam dan Penataan Ruang Sam\'ani Intakoris mengatakan, kenaikan Gelagar Baja dan Besi Beton antara 25-30 persen. ”Tetapi rekanan konsisten mesti mengerjakan layak kontrak, sedangkan saat ini harga material mengalami kenaikan,” katanya.

Data yang didapat Pos Kupang di Toko Roland, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (2/7/2009), harga besi beton berbagai ukuran sampai sekarang belum stabil. Bahan bangunan yang satu ini acap kali mengalami perubahan secara tiba-tiba.
Pemilik Warung Rolan yang tak berharap ditulis namanya menuturkan, harga besi hollow bermacam ukuran memiliki harga yang berbeda antara satu dengan yang lain. Ia merincikan, harga besi beton ukuran 6 mili Rp 19.000,00 per staf, ukuran 8 mili Rp 32.000,00/staf, ukuran 10 mili Rp 49.000,00/staf dan ukuran 12 mili Rp 85.000,00/staf.

Dia menuturkan, beberapa bulan lalu harga besi beton sempat turun. Dan saat ini, harga hal yang demikian masih bertahan atau tidak mengalami perubahan. \"Hanya saja kami selalu waspada, karena harga bahan bangunan itu tidak stabil. Harganya berubah-ubah pantas permintaan pasar,\" ujarnya. atap spandek

Tentang semen, dia mengatakan, harganya masih stabil, walau beberapa waktu lalu sempat terjadi kenaikan. \"Harga semen yang kami jual semen Gresik, Bosowa dan Toga Roda dengan harga seluruh rata-rata sama, Rp 38.000,00/zak,\" ujarnya.
Secara terpisah, pemilik Toko Wijaya Bangunan, yang juga tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, harga besi beton yang dipasarkan merupakan harga standar. Tapi dia juga senantiasa meniru perkembangan harga spandek warna.

Perihal harga besi beton, ia merincikan besi beton berukuran 6 mili Rp 20.000,00/staf, ukuran 8 mili Rp. 36.000,00/staf. Meski besi beton ukuran 10 mili seharga Rp 55.000,00/staf dan yang berukuran 12 mili Rp. 70.000,00/staf. \"Harga bahan bangunan ketika ini masih seperti lazim. Tergantung permintaan pasar. Kami juga bahan bangunan ini layak harga yang sudah diatur sehingga tidak memunculkan situasi sulit,\" ujarnya.

Info Harga Toko Besi Murah | Kontraktor Menangis Saat Harga Besi Naik

ASIA Jaya Steel

Email : salesasiajaya@gmail.com

WA 1 : 085222140109

WA 2 : 087782822218

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kontraktor Menangis Saat Harga Besi Naik"

Post a Comment